Pencarian

Proyek Palapa Ring Wajib Rampung Tahun Ini, Indonesia Akan Full Jaringan 4G

  Nocan_official      

Proyek Palapa Ring 2018, Wujudkan Internet Cepat Dan Murah Di Tanah Air 

Industri telepon seluler Tanah Air dipastikan akan lebih semarak dengan kehadiran berbagai smartphone 4G murah. Hal tersebut seiring akan rampungnya infrastruktur telekomunikasi satelit Palapa Ring yang dijadwalkan akhir tahun 2018 ini, dimana nantinya dengan kehadiran Palapa Ring ini jaringan broadband dinegeri kita tercinta ini akan menjadi lebih besar kapasitasnya sehingga kecepatan internet menjadi bertambah kencang.

Proyek Palapa Ring
Proyek Palapa Ring 2018 Wujudkan Internet Cepat Dan Murah Di Setiap Pelosok Di Tanah Air
Seperti yang diungkapkan oleh Menkominfo Rudiantara yang mengatakan, Palapa Ring Wilayah Barat ditargetkan bisa digunakan pada akhir kuartal I/2018. Menyusul kemudian wilayah tengah dan terakhir wilayah timur pada akhir tahun ini. Adapun keseluruhan operasional Palapa Ring akan dilakukan pada tahun depan setelah melewati berbagai tahapan uji coba. 

"Infrastruktur telekomunikasi ini merupakan salah satu fokus pemerintah di tahun ini. Kita akan punya broadband yang fixed dan mobile, ini yang akan kita genjot pembangunannya agar semua daerah di Tanah Air terkoneksi," ujar pria yang akrab disapa Chief RA itu.

Paling tidak, sudah ada dua vendor lokal yang akan merilis ponsel 4G dengan banderol di kisaran Rp400.000-an. Vendor lokal yang dimaksud adalah perusahaan yang berbasis di Kudus dan Semarang, Jawa Tengah yang akan merilis ponsel murah berteknologi 4G untuk menyambut era internet berkecepatan tinggi. Sebagai perbandingan, saat ini harga ponsel 4G di pasaran paling murah masih di kisaran 1 jutaan per unit. 

Ponsel Lokal 4G Akan Membanjiri Industri Telepon Seluler
Untuk persoalan tarif paket data internet, diharapkan semua pelaku usaha mendapat kesempatan yang sama untuk membangun di daerah. Rudiantara menambahkan, bila proyek Palapa Ring ini merupakan cara pemerintah memberikan insentif sehingga operator juga mau membangun di daerah. Namun begitu, dengan rampungnya proyek ini nanti akan dapat dipastikan tarif data internet harus lebih terjangkau lagi dan merata di setiap pelosok daerah.

Menurut Pengamat ekonomi digital dari Indonesia ICT Institute Heru Sutadi, untuk wilayah Indonesia bagian barat saat ini cukup padat pembangunan fiber optic-nya. Mulai dari wilayah Jabodetabek hingga ke Batam, sejumlah operator telekomunikasi telah lebih dulu membangun infrastruktur pendukungnya. Hal tersebut telah dilakukan oleh Telkom, Morotel, XL Axiata, dan beberapa perusahaan lain. 

Dampak dari rencana penyelesaian pembangunan Palapa Ring di wilayah barat pada kuartal I/2018 tersebut menurutnya tidak akan berpengaruh terlalu signifikan terhadap infrastrukturinformation and communications technology (ICT) di Tanah Air. "Yang akan berdampak itu di wilayah timur karena pembangunan Palapa Ring di Indonesia bagian barat dan tengah itu hanya tambahan saja" ujarnya.

logoblog

Thanks for reading Proyek Palapa Ring Wajib Rampung Tahun Ini, Indonesia Akan Full Jaringan 4G

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Share pengalaman seru kamu terkait info dan trik internet murah ulasan kita kali ini gaez. Komentar kamu akan di moderasi, dan setiap komen yang out of topic, sorry yee gak akan di publish.