Pencarian

Cara Mudah Memperbaiki Memori Micro SD Yang Tak Terbaca

  Nocan_official      

Tips Gampang Mengatasi Memori Yang Tak Terbaca Di Ponsel


MicroSD merupakah sebuah perangkat penyimpanan tambahan yang cukup penting keberadaannya, meskipun saat ini sudah banyak Smartphone dengan bekalan internal memori cukup besar hal itu tidak menjadikan musnahnya MicroSD karena masih banyak juga smartphone dengan internal yang pas-pas an, contohnya saja seperti Samsung Galaxy J1 Ace.

Selain itu data-data penting lebih baik disimpan di perangkat eksternal dibandingkan internal karena untuk menghindari dari pencurian dan mudah untuk dipindah ke perangkat yang lainnya. Akan tetapi apa jadinya jika memori kita rusak atau bisa jadi tidak bisa terbaca di perangkat kita?

Jangan khawatir kawan karena saya akan berikan tips dan trick bagaimana cara memperbaiki MicroSD dengan mudah yang bisa kalian lakukan sendiri nantinya, simak pembahasannya di sini.

Bersihkan kartu memori

Cara yang pertama ini cukup mudah yakni hanya bersihkan memori card saja, ingat jangan dibersihkan dengan air ya. Di sini kita hanya perlu menggunakan penghapus karet saja. Matikan smartphone dan keluarkan MicroSD dari perangkat, setelah itu gosok bagian yang berwarna kuning dengan penghapus karet yang bersih(jangan sampai ada noda pada penghapus tersebut).


Jika sudah yakin bersih bagian yang berwana emas pada microSD masukkan kembali ke Smartphone dan nyalakan. Apakah sudah bisa terbaca atau belum?

Scan MicroSD

Bisa jadi tidak terbacanya memori tersebut adanya sebuah virus yang mana menghadang perangkat untuk membaca MicroSD tersebut, nah dengan ini kita bisa scan memori kita menggunakan antivirus di komputer kita.


Yang pertama sambungkan memori tersebut menggunakan kabel data atau bisa juga menggunakan card reader,
Jika sudah muncul nama microSD kita, selanjutnya klik kanan dan pilih opsi Scan.
Kita tunggu saja prosesnya sampai selesai
Jika masih tidak terbaca, berarti bukan sebuah virus yang menyebabkan gagal terbacanya MicroSD kalian.

Format dari Android

Cara memperbaiki MicroSD dengan mudah selanjutnya adalah menghapus semua data yang ada di memori tersebut melalui Android, caranya adalah:
Masuk ke menu Setting terlebih dahulu, kemudian pilih opsi Storage.


Setelah itu kita akan menemukan pilihan Erase SD Card. Tap pilihan tersebut kemudian semua data yang ada di microSD akan hilang sehingga memori kita kembali seperti baru lagi.

Cara Lain memperbaiki Mikro SD Melalui Komputer

Nah pada cara memperbaiki MicroSD dengan mudah yang satu ini kita akan membutuhkan Komputer untuk melakukannya. Yang pertama adalah hubungkan android ke laptop atau pc menggunakan kabel data.


Setelah itu pastikan perangkat kita terhubung dalam Mass Storage Mode (MSC), bukan Media Transfer Mode (MTP). Selanjutnya buka menu explorer, cari drive memori kita tadi dan klik kanan. Setelah itu pilih properties.
Jika halaman properties sudah muncul kita pilih tools kemudian error checking. Kita tunggu saja sampai prosesnya selesai.

Format dari PC

Jika MicroSD anda terbaca di Komputer namun tidak terbaca di Android maka cara memperbaiki MicroSD dengan mudah yang satu ini dapat membantu anda, akan tetapi jika tidak terbaca di keduanya wassalam.

Pertama kita buat folder baru di Hardisk untuk memback-up seluruh isi MicroSD kita yang tidak terbaca di Android tadi
Selanjutnya kita ctrl+a untuk memilih semua file yang ada di MicroSD, kemudian ctrl-C untuk copy file. 

Silahkan menuju ke folder untuk backup data pada hardisk komputer kita yang sudah dibuat sebelumnya, setelah itu paste semua file yang tadi.
Jika proses copy data sudah selesai maka silahkan menuju ke MicroSD, kemudian klik kanan pada nama memori internal kalian dan pilih menu format, selanjutnya klik quick format.

Setelah format selesai kita kembalikan data-data yang sudah kita pindah tadi ke MicroSD kembali.
Lepas memori eksternal kalian lalu pasang di perangkat Smartphone Anda dan check masih gagal te terbaca atau tidak.

Nah itu tadi beberapa cara memperbaiki MicroSD dengan mudah yang bisa Anda terapkan sendiri, jika masih gagal coba beberapa kali dan ulangi cara diatas, jika masih tetap gagal juga ya memang sudah waktunya untuk ganti yang baru, selamat mencoba dan semoga berhasil.

logoblog

Thanks for reading Cara Mudah Memperbaiki Memori Micro SD Yang Tak Terbaca

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Share pengalaman seru kamu terkait info dan trik internet murah ulasan kita kali ini gaez. Komentar kamu akan di moderasi, dan setiap komen yang out of topic, sorry yee gak akan di publish.